Minggu, 06 Februari 2011

Pleaseee,..Tolong Ganti Namaku!!!



Pokoknya, aku mau namaku diganti!!!!! Aku ga mau pake nama ini!!!!
Mama masih sibuk menyiapkan makanan untuk makan malam kami saat aku mendadak marah minta namaku segera diganti saja setelah teman-teman di sekolah mengejek namaku yang kampungan dan terkesan aneh.
Emang ada apa???kok tiba-tiba minta diganti namanya...
Aku masih cemberut saat mama menanyakan alasan aku meminta mengganti nama.
Pokoknya, aku ga mau pakai nama ini lagi, ganti yang keren kayak temen-temenku aja!!! Ngototku lagi.
Oh,..nunggu ayah pulang dari Haji aja ya sayang,..insya Allah minggu depan sudah pulang dari makkah.
Mama menjawab dengan tenang protesku kali ini, dan aku juga harus bersabar hingga minggu depan menunggu ayah pulang dari tanah suci. Ah, aku harus kembali ke sekolah dan menenangkan diri mendengar ejekan teman-temanku tentang namaku. Ini sungguh hal yang menyebalkan.
********
Ayah,...aku mau namaku diganti, aku ga mau pakai nama ini lagi.
Belum sehari penuh ayah tiba di rumah aku langsung menyampaikan demoku. Ayah tersenyum saat kusampaikan keberatanku. Mungkin dalam fikirnya, kecil-kecil kok sudah pinter protes keputusan orangtua. Apalagi nama itu tentu sudah difikirkan baik-baik olehnya sebelum memberikannya untukku.
Hatiku mulai ciut, setiap kali melihat ayah tersenyum menanggapi sikap nakalku. Sama halnya dengan saat ini, ayah hanya tersenyum lalu mengajakku mengobrol di taman depan rumah.
Aida,.. kamu tahu ga arti dari namamu???
Tanya ayah memulai pembicaraan denganku. Aku hanya menggelengkan kepala. Umurku yang baru berusia 7 tahun tak cukup mengerti dengan maksud arti dari sebuah nama.
Aida itu berasal dari bahasa arab artinya tangan-tangan, dan Maslamah itu juga berasal dari bahasa Arab artinya Penyelamat,...jadi arti dari namamu Aida Maslamah berarti Tangan-tangan Penyelamat.
Ayah berhenti sampai di situ, sementara aku siap-siap untuk membantah.
Tapi aku pingin nama yang lain yah,...teman-temanku punya nama yang keren-keren. Sanggahku lagi.
Tidak perlu malu ketika namamu tidak sekeren teman-temanmu. Tapi kamu harus bangga bahwa namamu punya arti yang sangat baik. Nama itu ibarat doa bagi pemiliknya. Jadi, ayah ingin kamu bisa menjadi penyelamat bagi orang-orang yang membutuhkan bantuanmu.
Lihatlah bunga mawar ini, harum baunya dan indah bentuknya. Mawar jika diganti dengan nama yang lain sekalipun tak akan bermakna apa-apa jika dia tidak wangi dan indah . Berbanggalah nak,...jika teman-teman mengejekmu lagi,..katakanlah bahwa namamu adalah doa buat dirimu.
Walaupun masih berat di hati saat itu, toh sampai saat ini namaku tak pernah diganti dengan nama yang lain.  Sampai akhirnya aku mengerti bahwa sebuah nama sebagus apapun tak akan berarti apa-apa jika si empunya nama tak mampu memaknai doa atau harapan arti dari sebuah namanya.
Sekian,..Happy Monday,..SEMANGKA!!! Semangat Kaka,.. :D

0 komentar:

Posting Komentar