Kamis, 23 Agustus 2012

Lebaran Yang Bikin Lebar-an

Cek Timbangan :)




Begitu selesai puasa dan menikmati lebaran kayaknya ada yang berasa beda ya? Mungkin ukuran celana yang jadi lebih sempit, lingkar pinggang yang nambah beberapa sentimeter (hehehe) bayangkan saja lebaran benar-benar bikin lebar-an. Silaturrahmi ke tempat sanak saudara juga berarti peningkatan bobot tubuh, icip sana icip sini hasilnya timbangan semakin bergerak ke kanan, ujung-ujung sebel ama timbangan (hehehe).

            Kalau belum ada yang mau ngaku timbangannya nambah setelah lebaran, mending saya ngaku duluan deh (heheheh), berhubung tulisan ini tentang berbagi tips menurunkan berat badan yang sehat terutama pasca lebaran yang sudah pernah saya praktekkan sebelumnya.

            Mungkin kita pernah merasa ga terlalu sehat, kadang-kadang bangun pagi dengan kondisi kepala pusing padahal makan tetap teratur, tidur normal tapi satu badan ini rasanya berasa ga enak dan kurang fit. Nah, kalau pernah mengalami hal-hal yang kayak gini bisa jadi dalam tubuh kita sudah mulai bertumpuk racun dari beberapa makanan yang tidak sehat yang kita konsumsi selama ini.

            Tanda-tanda lainnya bisa dilihat dari wajah yang mulai banyak jerawatnya, atau nafas yang agak berbau tidak sedap, mungkin juga kulit terlihat kusam. Ini sebagian pertanda bahwa fungsi hati kurang optimal karena organ hati dan ginjal mulai diliputi oleh racun. Darimana racun tersebut? Bisa jadi dari makanan cepat saji atau gorengan yang biasa dijual di pinggir-pinggir jalan.

            Nah, terus kalau sudah begitu, harus bagaimana? Cara yang paling sehat menurut pakar kesehatan adalah mulai melakukan detoksifikasi.

            Detoksifikasi ini atau kata lainnya mengeluarkan racun dari dalam tubuh sebenarnya punya beberapa metode, tergantung organ tubuh yang mana hendak kita bersihkan. Apalagi lebaran makanan yang kita konsumsi sebagian besar adalah daging dicampur santan kelapa, benar-benar makanan yang sangat tinggi lemak. Jika dikonsumsi dalam waktu lama dan terus menerus bisa-bisa menimbulkan komplikasi yang lain.

            Metode Detoks yang saya pakai kali ini berjudul “Flush Fruit 3 Days Detox” sebuah metode detoks yang dikembangkan oleh Jay Robb. Mengapa saya pilih detoks cara Jay Robb? Alasannya sangat menarik buat saya.

“SELAIN MEMBUAT TUBUH SEHAT, FLUSH FRUIT JUGA MAMPU MENURUNKAN BERAT BADAN HINGGA 5 KG DALAM 3 HARI MAU?? (hehehe)”

            Alasan saya ya sangat simple, apalagi masih terkena sindrom emak-emak “One Big Pack” (hehehe) tentu saja saya pilih cara yang paling gampang dan sehat untuk menurunkan berat badan sekaligus mendetoks tubuh dari toksin.

            Kita mulai saja pelaksanaan detoks flush fruit ini ya. Jadi, program ini berlangsung selama 3 hari, silahkan pilih hari yang kira-kira hanya dihabiskan di rumah saja, mungkin weekend pilihan yang tepat untuk memulai program ini.

Hari pertama

Konsumsi susu high protein (bisa pakai susu kedelai) tujuannya untuk meluruhkan lemak dan menggantinya dengan massa otot.

Hanya susu tinggi protein saja

Program dimulai dari pukul 08.00 pagi sampai dengan pukul 04.00 sore. Dari pukul 08 pagi, setiap 2 jam minum segelas susu high protein. Jadi setiap pukul 8, 10, 12, 2 dan berakhir di pukul 4 sore kita hanya konsumsi susu high protein dan diselingi dengan air putih.

Untuk pukul 05.00 sore hanya memakan setengah alpukat ukuran sedang atau salad sayur yang direbus dan dicampur dengan olive oil. Untuk makanan pukul 05.00 ini silahkan pilih salah satunya saja.

Oke, hari pertama selesai, setelah pukul 05.00 kita tidak boleh mengonsumsi makanan apapun selain air putih saja.


Hari Kedua dan Ketiga

Konsumsi jus buah segar (Mangga, Nanas, Apel, Pepaya, Semangka) Tujuannya untuk mengeluarkan racun yang sudah terakumulasi dari dalam tubuh kita.

Pilih Apel, Semangka, Mangga, Pepaya dan Nanas

Sama halnya dengan hari pertama, jus buah (kelima jenisnya) diblender halus diminum per-dua jam. Jadi, dari pukul 08.00 hingga pukul 04.00 sore setiap per-dua jamnya kita hanya konsumsi jus buah segar ini. Dan treat ini dilakukan selama 2 hari.

Untuk pukul 05.00 silahkan memilih makan salad sayur yang dicampur olive oil atau setengah alpukat ukuran sedang. Setelah pukul 05.00 sore tidak boleh konsumsi apapun selain air putih saja.

            Ada beberapa catatan yang harus saya tulis di sini. Detoks di hari pertama biasanya akan berlangsung lebih santai, kondisi tubuh masih normal menerima asupan susu tinggi protein. Biasanya, hari kedua dan ketiga treatment ini akan terasa lebih berat, apalagi kemudian harus minum jus setiap 2 jam, mungkin agak sedikit membuat mual,lemas dan agak drop, namun tak perlu khawatir kondisi ini sangat normal, kondisi tersebut sebagai bentuk stimulus tubuh dalam mengeluarkan racun. Jadi, begitu terasa lemas, silahkan dilanjutkan saja sampai di hari ketiga.

Jus Buah untuk hari kedua dan ketiga

            Ada beberapa tips agar tubuh tidak terasa begitu lemas saat detoks, bisa dilakukan dengan membaca buku-buku humor, atau nonton film kesukaan kita. Setelah hari ketiga dilalui, bisa dirasakan tubuh terasa lebih ringan dan berat badan turun hingga 5 kg (hehehe).

            Flush Fruit memang mampu membantu tubuh mengeluarkan racun, dan alangkah baiknya pula ketika tubuh sudah sehat, kita juga tak lupa untuk melakukan detoks pada pikiran kita masing-masing, agar racun-racun pikiran negative bisa keluar juga J. Untuk quote yang terakhir saya comot dari kata-kata orang bijak (hehehe).

            Selamat Mencoba,…Saya turun 4 kg dalam 3 hari…MAU? Heheheh.


*****

Aida MA



           

2 komentar:

  1. Memang ya mbak, itu masalah pada hampir semua orang, lebar-an :D

    Ada cara praktis lain kalo mau turun cepat: makan nasi pake sayur bening setiap hari, gak pake lauk lain. Pasti deh cepat turunnya ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. heuheuheu..tapi kenapa tips ini tak pakai karena sekaligus buat detoks mba e...kalo makan ga pake lauk cuma sayur bening, lama-lama jadi kurang gizi xixixixiixixix...

      Hapus