Rabu, 15 Agustus 2012

Sembilan Tipe Enneagram (Resensi Buku)






Judul asli                      : Are You My Type Am I Yours
Judul Terjemahan          : Enneagram of Love and Relationships
Penulis                         : Renee Baron dan Elizabeth Wagele
Penerbit                       : Serambi Ilmu Semesta
Tebal halaman               : 225 halaman

            Jangan cuma mencintai atau mencampakkan seseorang. Namun galilah Sembilan tipe Enneagram atau system penggolongan kepribadian dan temukan dirinya menjadi kekasih, belahan jiwa, mitra atau kolega yang sempurna bagi anda!

            Buku Enneagram seri cinta dan relationships ini adalah turunannya dari buku Enneagram dan Enneagram of Parenting. Masih dengan penulis yang sama, hanya saja dalam buku ini membahas lebih detil tentang Enneagram pasangan atau kolega agar hubungan menjadi lebih asik dan menyenangkan.

            Buku ini tentu saja sangat berbau psikologi. Beberapa teori Tipe Myers-Brigs ikut mewarnai bahasan tentang Enneagram. Mungkin sedikit membosankan ketika melewati lembar demi lembar dengan teori dan istilah-istilah dunia psikologi yang tak umum digunakan, Syukurnya buku ini menjadi menarik karena pada setiap penjelasan per tipe kepribadian diberi analogi karikatur yang lucu, sehingga pembaca semakin tertarik untuk melanjutkan pada lembar berikutnya.

            Selain dibubuhi dengan penggambaran tipe kepribadian lewat karikatur, pada awalan tiap bahasan tipe Enneagram juga selalu diawali dengan kalimat-kalimat bijak dari tokoh-tokoh terkenal, ini cukup menarik perhatian dan memudahkan pembaca untuk memaknai masing-masing tipe “Jangan pernah merasa cukup dengan kata-kata untuk sesuatu yang bisa kau capai dengan mercon (Bruce Feirstein)” , demikian kalimat pembuka untuk pembahasan  Enneagram Pejuang.

            Beberapa kelebihan lain dari buku ini terletak dari beberapa contoh real pasangan dari tokoh terkenal bersama pasangannya seperti pada pasangan Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II, Jackie dan Jhon F Kennedy, Paul Simon dan Art Garfunkel, masih banyak lagi tokoh-tokoh yang disebut dalam buku ini.

            Pembahasan pasangan beda tipe Enneagram ini juga dilengkapi dengan penjelasan apa yang disukai dan tidak disukai oleh masing-masing tipe Enneagram berdasarkan research yang dilakukan penulis dalam bentuk rekam otak.

            Satu hal lagi yang cukup mengambil posisi penting dalam buku ini, adanya lembaran kuisioner pada tiap bahasan tipe Enneagram. Guna kuisioner ini untuk mengetahui atau menentukan pembaca berada dalam tipe Enneagram yang sedang dibahas tersebut atau tidak.

            Kekurangan pada buku ini mungkin terletak pada pembahasan bagaimana menghadapi pasangan yang berbeda tipe Enneagram, istilah sayap dan panah yang digunakan membuat pembaca harus bolak balik melihat lagi lingkaran Sembilan tipe Enneagram. Terutama yang tidak terbiasa dengan teori Enneagram semacam ini.

            Namun secara keseluruhan buku ini sangat informatif dan membantu pembaca untuk mengenali dan memahami tipe kepribadian pasangan masing-masing, tentu saja agar dapat menjalani hubungan dengan lebih menyenangkan.

*****

Jakarta, 04 November 2011
Pukul 07.02 wib
Aida MA

0 komentar:

Posting Komentar