Langsung ke konten utama

Sembilan Tipe Enneagram (Resensi Buku)






Judul asli                      : Are You My Type Am I Yours
Judul Terjemahan          : Enneagram of Love and Relationships
Penulis                         : Renee Baron dan Elizabeth Wagele
Penerbit                       : Serambi Ilmu Semesta
Tebal halaman               : 225 halaman

            Jangan cuma mencintai atau mencampakkan seseorang. Namun galilah Sembilan tipe Enneagram atau system penggolongan kepribadian dan temukan dirinya menjadi kekasih, belahan jiwa, mitra atau kolega yang sempurna bagi anda!

            Buku Enneagram seri cinta dan relationships ini adalah turunannya dari buku Enneagram dan Enneagram of Parenting. Masih dengan penulis yang sama, hanya saja dalam buku ini membahas lebih detil tentang Enneagram pasangan atau kolega agar hubungan menjadi lebih asik dan menyenangkan.

            Buku ini tentu saja sangat berbau psikologi. Beberapa teori Tipe Myers-Brigs ikut mewarnai bahasan tentang Enneagram. Mungkin sedikit membosankan ketika melewati lembar demi lembar dengan teori dan istilah-istilah dunia psikologi yang tak umum digunakan, Syukurnya buku ini menjadi menarik karena pada setiap penjelasan per tipe kepribadian diberi analogi karikatur yang lucu, sehingga pembaca semakin tertarik untuk melanjutkan pada lembar berikutnya.

            Selain dibubuhi dengan penggambaran tipe kepribadian lewat karikatur, pada awalan tiap bahasan tipe Enneagram juga selalu diawali dengan kalimat-kalimat bijak dari tokoh-tokoh terkenal, ini cukup menarik perhatian dan memudahkan pembaca untuk memaknai masing-masing tipe “Jangan pernah merasa cukup dengan kata-kata untuk sesuatu yang bisa kau capai dengan mercon (Bruce Feirstein)” , demikian kalimat pembuka untuk pembahasan  Enneagram Pejuang.

            Beberapa kelebihan lain dari buku ini terletak dari beberapa contoh real pasangan dari tokoh terkenal bersama pasangannya seperti pada pasangan Pangeran Philip dan Ratu Elizabeth II, Jackie dan Jhon F Kennedy, Paul Simon dan Art Garfunkel, masih banyak lagi tokoh-tokoh yang disebut dalam buku ini.

            Pembahasan pasangan beda tipe Enneagram ini juga dilengkapi dengan penjelasan apa yang disukai dan tidak disukai oleh masing-masing tipe Enneagram berdasarkan research yang dilakukan penulis dalam bentuk rekam otak.

            Satu hal lagi yang cukup mengambil posisi penting dalam buku ini, adanya lembaran kuisioner pada tiap bahasan tipe Enneagram. Guna kuisioner ini untuk mengetahui atau menentukan pembaca berada dalam tipe Enneagram yang sedang dibahas tersebut atau tidak.

            Kekurangan pada buku ini mungkin terletak pada pembahasan bagaimana menghadapi pasangan yang berbeda tipe Enneagram, istilah sayap dan panah yang digunakan membuat pembaca harus bolak balik melihat lagi lingkaran Sembilan tipe Enneagram. Terutama yang tidak terbiasa dengan teori Enneagram semacam ini.

            Namun secara keseluruhan buku ini sangat informatif dan membantu pembaca untuk mengenali dan memahami tipe kepribadian pasangan masing-masing, tentu saja agar dapat menjalani hubungan dengan lebih menyenangkan.

*****

Jakarta, 04 November 2011
Pukul 07.02 wib
Aida MA

Komentar

Postingan populer dari blog ini

GA-KETIKA CINTA HARUS PERGI

Ketika Cinta Harus Pergi, Aida,MA dan Elita Duatnofa              Selamat datang kembali di Give Away buku saya, kali ini KETIKA CINTA HARUS PERGI akan sampai ke tangan sahabat-sahabat semua dan insya Allah siap untuk menginspirasi pembacanya.             KETIKA CINTA HARUS PERGI ini merupakan buku nonfiksi motivasi islami yang saya tulis bersama sahabat saya Elita Duatnofa, buku ini juga sudah cetak ulang kedua setelah dua bulan terbit. Sesuai dengan genre bukunya yaitu motivasi, maka give away kali ini mengajak sahabat semua mengeluarkan semua jurus dengan tema tulisan MERHARGAI DIRI SENDIRI .             Biar adil saya akan membagi TIGA buah buku KETIKA CINTA HARUS PERGI untuk tiga pemenang dengan 3 akun lini massa yang berbeda . 1.      Twitter , sahabat yang menggunakan twitter, silahkan follow akun twitter saya @aida_aie dan @elexmedia, lalu membuat tweet minimal lima kali dengan hastag #HargaiDiri, GA #KCHP . Jangan lupa mention saya @aida_aie da

Give away Buku #YaAllahBeriAkuKekuatan

Bismilllahirrahmanirrahim… Setelah dengan pede selangit mengirim postingan di wall FB saya mengenai polling Give Away buku   Ya Allah Beri Aku Kekuatan. Akhirnya saya memutuskan untuk bagi-bagi hadiah untuk pemenang Give Away kali ini. Yukk intip hadiahnya dulu   biar nulisnya tambah semangat (hehehe..) a.   Untuk Tiga pemenang utama akan mendapat masing-masing 1 paket buku saya #YaAllahBeriAkuKekuatan, #BerbagiHati dan #Kereta Terakhir. Tiga buku di sini, selain Novel Looking for Mr.Kim :D b.     Untuk Dua orang pemenang favorit, akan mendapatkan    secara GRATIS hadiah pulsa masing-masing @25 ribu rupiah. Menarikkk? Ya dong…Okee... Sekarang saya mengajak teman-teman kembali ke aturan mainnya. Berhubung banyak request yang minta bikin tema yang engga susah-susah, akhirnya saya memilih tema ini “Wanita dan Ujian ”. Tema ini masih berkaitan dengan buku motivasi Islami Ya Allah Beri Aku Kekuatan, yang sebagian besar kisahnya

GA-AIDA.MA

Saya sengaja tidak memberi judul give away kali ini. Ini hanya sedikit berhubungan dengan sebuah pencapaian ketika umur saya sudah melewati angka 30 tahun.             Mungkin setiap kali ulang tahun, kita terbiasa membuat sebuah keinginan, mungkin juga agak mirip dengan membuat sebuah resolusi di awal tahun. Ada yang memang tercapai sesuai target ada juga tanpa hasil sama sekali.             Saya sendiri bukan orang yang penuh perencanaan, tapi beberapa hasil dan pencapaian yang saya dapat hari ini karena berkah Allah dan usaha yakin serta doa yang terpanjatkan. Apa pencapaian saya sampai dengan saat ini bisa baca di sini.             Nah, give away kali ini hanya ingin berbagi pengalaman dengan sahabat semuanya. Pilihannya menjadi dua versi. 1.     Bagi yang sudah berusia 30 tahun, yuk bagi pencapaian yang sudah kamu dapatkan ketika umurmu sudah 30 tahun. 2.     Bagi yang belum berumur 30 tahun, sharing juga apa-apa saja yang ingin kamu capai sebelum u