Selasa, 25 September 2012

Behind The Scene "Ya ALLAH, Beri Aku Kekuatan"



Me and My New Book
Ya Allah, Beri Aku Kekuatan

Percaya tidak? bahwa dalam buku ini saya berperan sebagai seorang PELACUR atau kata lain Pelayan Curhat (heheheh..) yang dipleseti oleh teman-teman di dunia maya.

            Berawal dari kegemaran saya sebagai pendengar, entah mengapa saya punya hobi sebagai orang yang mendengarkan orang lain, terutama mendengarkan kisah-kisah yang tak biasa (baca; cerita sedih) dari beberapa orang sahabat, baik itu yang berada di lingkungan saya atau sahabat di dunia maya.

            Bagi teman-teman yang sering dijadikan tempat curhat, pasti tahu bagaimana rasanya menjadi tong sampah bagi orang lain, kadang-kadang saya sendiri sampai tidak bisa tidur karena teringat curhatan seorang teman, malah saking menghayatinya saya ikut nangis, bisa juga ikutan marah. Namun dari sekian banyak curhatan itu saya banyak menjadi pendengar yang baik, mencoba berempati dan mencari sisi pemikiran dan pandangan dari sudut orang yang tidak mengalami masalah tersebut.

            Bagi yang aktif di infobunda.com, scribd.com, ngerumpi.com dan blog pertama saya www.warnawarnisisihati.blogspot.com (non aktif), mungkin pernah membaca sebagian curhatan sahabat-sahabat saya di situ. Beberapa cerita itu sengaja saya simpan di computer sebagian saya publish hanya dengan satu tujuan agar dapat memberikan manfaat bagi orang lain. Terkadang seseorang tidak bisa menceritakan apa yang ia alami, namun dengan membaca sebuah kisah yang sama, bisa jadi menemukan solusi yang serupa.

            Tidak mudah saya menyelesaikan naskah ini, apalagi saya terbiasa dengan dunia remaja, sebagai pendengar setia anak-anak remaja labil, saya agak mengalami kesulitan jika diminta menulis dengan genre motivasi bergaya dewasa. Syukurnya setelah mendapat masukan revisi dari Mba Leyla Hana, saya harus memberikan solusi dalam pandangan islam, revisi yang cukup menantang, apalagi saya harus memasukkan ayat, hadist dan kalimat motivasi dalam buku ini.

            Sebulan saya akrab sekali dengan Qur’an dan Tafsirnya untuk mencari solusi dari wahyu Ilahi ini, belum lagi saya harus membaca buku-buku tulisannya Quraisy Shihab, Jalaluddin Rakhmat, ‘Aidh Al-Qarny, Ahmad bahjat, Hasan Samsyi Basha dan beberapa buku motivasi islami lainnya yang tak luput dari lahapan saya, juga saya gunakan sebagai bahan baku untuk buku ini.

            Hasilnya, naskah Ya Allah Beri Aku Kekuatan ini pun diterima oleh Quanta, Elex Media. Bagi yang akrab dengan penerbit Elex Media mungkin akan berpikir penerbit ini mengeluarkan buku-buku sejenis komik, namun untuk Quanta, lini ini merupakan imprint dari Elex Media, GPU yang khusus mengeluarkan buku-buku nonfiksi Islami.

            Ada keistimewaan dan kebahagiaan buat saya atas lahirnya buku ini.

            Pertama, buku ini berjenis motivasi islami. Dalam ilmu psikologi ada istilah Long Term Induction. Pernah melihat bagaimana kehidupan penyanyi mellow dengan lirik yang menyedihkan lalu lirik itu sangat dihayati dan berefek dalam kehidupan pribadinya sendiri? Kira-kira seperti itulah pemikiran negative dan positif  mampu menginduksi sub concius manusia.

            Long term induction yang saya harapkan di sini adalah dari sisi positif, sebagai penulisnya tentu saya ingat benar apa isi buku saya, apa saja yang saya tulis dalam buku saya. Ini semacam lecutan, pengingat untuk diri saya sendiri, motivasi yang ada dalam buku ini, menyerahkan hasil akhir kepada Yang Maha Pemberi Hidup menjadi semacam Long term Induction positif bagi saya.

            Kedua, buku ini diendors oleh dua orang penulis hebat. Mba Ifa Avianty,   novelis, penulis nonfiksi Islami dan buku anak ini menjadi salah satu endors di buku ini. Sebuah kebahagiaan tersendiri buat saya di tengah-tengah kesibukan beliau dengan jadwal deadline yang padat, mba Ifa masih menyempatkan diri untuk membaca dan menuliskan endors untuk buku ini.

            Endorser yang kedua, Mba Risma El Jundy, meski terhitung penulis baru, mba Risma ini sangat lihai dalam hal marketing. Beruntung Mba Ima bersedia memberikan endors di buku saya ini, apalagi beliau juga sangat rajin mempromosikan buku-buku sahabat penulis lainnya. Hal yang paling berkesan bagi saya ketika mendengar pendapat mba Ima yang sangat menghayati semua isi buku ini. Subhanallah…”Ga terasa, air mata saya mengalir” ucapnya pada saya via BBM J.

            Pada akhirnya, saya mempersembahkan karya saya ini kepada pembaca semuanya, semoga kalimat motivasi di sini benar-benar memberikan manfaat bagi kita semua, Amin Ya Rabb.

*****

Jakarta, 21 September 2012.
Pukul 10.20 WIB
Aida MA

 YA ALLAH BERI AKU KEKUATAN
Harga. Rp. 58.800
Halaman. 345 halaman.
Penerbit Quanta, Elex Media.
Gramedia Pustaka Utama.

5 komentar:

  1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh...siap buka klinik curhat heuheuheu

      Hapus
  2. Assalamu alaikum. Mba. Boleh gak wawancara sama mbaa untuk penelitian skripsi sy. Kebetulan nih sy lgi nyusun skripsi berkaitan dengan penulis. Mohon dibantu yah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. bole mba nur...tapi agak malam ya...saya ada kelas pagi :)

      Hapus
  3. Mba,daftar pertanyaan wawancara untuk skripsi saya sudah saya kirim di emailnya mba. Tlong yah dibaantu.. Terima kasih sebelumnya

    BalasHapus