Langsung ke konten utama

Tamsilan Malam

Beberapa hari yang lalu saya membaca lalu berhenti pada sebuah ayat yang membuat saya ingin tahu lebih banyak, makna dari banyaknya perumpamaan-perumpamaan dalam Al-Quran. Kali ini perumpaan tersebut tentang pergantian waktu dari siang ke malam atau sebaliknya. Sampai-sampai saya menuliskannya di status FB saya.


Kata Allah dalam surah Al-Furqan  ayat 62

"Dia yg menjadikan malam dan siang silih berganti bagi orang yg ingin mengambil pelajaran atau orang yg ingin bersyukur"

Ternyata salah satu pelajaran dari pergantian siang dan malam ini adalah sebuah perumpamaan bahwa semua makhluk tidak akan tetap dalam keadaannya, tetapi pasti berubah. Aneka perubahan terjadi, dari kaya ke miskin, kuat ke lemah, senang ke susah, hidup ke mati dll. 


Mungkin Allah membuat perumpamaan itu agar kita bersiap-siap dengan semua perubahan. Tidak tergesa-gesa meminta datangnya siang sebelum terbitnya sang fajar, karena jika demikian penantian akan terasa begitu lama. 

Selain itu karena adanya Sunnatullah yg mengatur datangnya fajar dan siang. Dengan kata lain, jika ingin sesuatu ikuti tuntunan Allah dan persiapkan situasi untuk mendukung datangnya sesuatu yg kita nantikan agar penantiannya tidak terasa lama dan juga sia-sia.

Ibaratnya ketika ingin menerbitkan BUKU apa lantas hanya cukup dengan bertanya dan mengikuti banyak pelatihan menulis saja? jawabannya tentu TIDAK. Mengadakan sebuah usaha yang mendukung terbitnya sebuah buku adalah menuliskannya lalu menawarkannya kepada penerbit, membuatnya agar dapat diterima oleh penerbit, maka hendaknya membuat ia memiliki kelebihan dibanding yang lainnya, kira-kira seperti itu situasi untuk mendukung setiap hal yang sedang kita harapkan, ada usaha yang maksimal, lalu pasrahkan hasilnya pada ketentuan Allah saja, nikmati proses sunnatullah dalam perkara menunggu setelah usaha yang dilakukan tadi, maka bisa jadi setelah usaha bertahun-tahun, kegelapan malam akan berganti dengan setitik fajar yang akan menyambut datang siang.

Semoga yg sedang menginginkan sesuatu, mengejar passionnya... Allah mudahkan setiap usahanya sehingga tidak terasa lama dan sia-sia. Amien..




Jakarta, 11 Februari 2014
Aida,MA





Komentar

  1. saya suka ending paragraf terakhirnya : Semoga yg sedang menginginkan sesuatu, mengejar passionnya... Allah mudahkan setiap usahanya sehingga tidak terasa lama dan sia-sia. Amien..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

GA-KETIKA CINTA HARUS PERGI

Ketika Cinta Harus Pergi, Aida,MA dan Elita Duatnofa              Selamat datang kembali di Give Away buku saya, kali ini KETIKA CINTA HARUS PERGI akan sampai ke tangan sahabat-sahabat semua dan insya Allah siap untuk menginspirasi pembacanya.             KETIKA CINTA HARUS PERGI ini merupakan buku nonfiksi motivasi islami yang saya tulis bersama sahabat saya Elita Duatnofa, buku ini juga sudah cetak ulang kedua setelah dua bulan terbit. Sesuai dengan genre bukunya yaitu motivasi, maka give away kali ini mengajak sahabat semua mengeluarkan semua jurus dengan tema tulisan MERHARGAI DIRI SENDIRI .             Biar adil saya akan membagi TIGA buah buku KETIKA CINTA HARUS PERGI untuk tiga pemenang dengan 3 akun lini massa yang berbeda . 1.      Twitter , sahabat yang menggunakan twitter, silahkan follow akun twitter saya @aida_aie dan @elexmedia, lalu membuat tweet minimal lima kali dengan hastag #HargaiDiri, GA #KCHP . Jangan lupa mention saya @aida_aie da

GA-AIDA.MA

Saya sengaja tidak memberi judul give away kali ini. Ini hanya sedikit berhubungan dengan sebuah pencapaian ketika umur saya sudah melewati angka 30 tahun.             Mungkin setiap kali ulang tahun, kita terbiasa membuat sebuah keinginan, mungkin juga agak mirip dengan membuat sebuah resolusi di awal tahun. Ada yang memang tercapai sesuai target ada juga tanpa hasil sama sekali.             Saya sendiri bukan orang yang penuh perencanaan, tapi beberapa hasil dan pencapaian yang saya dapat hari ini karena berkah Allah dan usaha yakin serta doa yang terpanjatkan. Apa pencapaian saya sampai dengan saat ini bisa baca di sini.             Nah, give away kali ini hanya ingin berbagi pengalaman dengan sahabat semuanya. Pilihannya menjadi dua versi. 1.     Bagi yang sudah berusia 30 tahun, yuk bagi pencapaian yang sudah kamu dapatkan ketika umurmu sudah 30 tahun. 2.     Bagi yang belum berumur 30 tahun, sharing juga apa-apa saja yang ingin kamu capai sebelum u

Give away Buku #YaAllahBeriAkuKekuatan

Bismilllahirrahmanirrahim… Setelah dengan pede selangit mengirim postingan di wall FB saya mengenai polling Give Away buku   Ya Allah Beri Aku Kekuatan. Akhirnya saya memutuskan untuk bagi-bagi hadiah untuk pemenang Give Away kali ini. Yukk intip hadiahnya dulu   biar nulisnya tambah semangat (hehehe..) a.   Untuk Tiga pemenang utama akan mendapat masing-masing 1 paket buku saya #YaAllahBeriAkuKekuatan, #BerbagiHati dan #Kereta Terakhir. Tiga buku di sini, selain Novel Looking for Mr.Kim :D b.     Untuk Dua orang pemenang favorit, akan mendapatkan    secara GRATIS hadiah pulsa masing-masing @25 ribu rupiah. Menarikkk? Ya dong…Okee... Sekarang saya mengajak teman-teman kembali ke aturan mainnya. Berhubung banyak request yang minta bikin tema yang engga susah-susah, akhirnya saya memilih tema ini “Wanita dan Ujian ”. Tema ini masih berkaitan dengan buku motivasi Islami Ya Allah Beri Aku Kekuatan, yang sebagian besar kisahnya