Selasa, 07 Oktober 2014

Catatan di Charless De Gaulle

Charless De Gaulle, Paris

"Ok! just wait for two minutes" tunjuknya ke sudut pintu keluar, saya hanya mengangguk sambil menatap sekilas raut wajah wanita berpakaian seragam lengkap dengan sebuah pistol di pinggang kirinya.
Hanya kalimat itu yang ia ucapkan begitu saya serahkan paspor dan mengatakan "Saya Transit ke Jakarta"
"*&^%##%&&***" Bibir wanita itu menyusun kalimat lagi dalam bahasa Perancis, kali ini tanpa berani menatap mata saya.
"English please..."balas saya, sambil menunjukkan kerutan tidak mengerti di kening saya yang mungkin saat itu berjumlah sepuluh kerutan.
Polisi bandara itu meminta tiket saya, mengaduk-aduk isi tas saya, mengecek persediaan dollar saya yang tidak seberapa, dan beberapa lembar rupiah yang membuat ia mengajukan pertanyaan lagi "Ini uang Indonesia?"
Wanita itu sama sekali tidak mau berkontak tatap dengan saya, ia masih terlalu asik mengaduk-aduk isi tas saya, sambil mulutnya sesekali berkomentar bahwa saya terlihat terlalu sibuk dengan berkas-berkas saya.

Bersama Dubes RI untuk Maroko, Bapak Tosari Widjaya



Tangannya kali ini berhenti ketika menemukan selembar kertas penghargaan dari KBRI Rabat yang bertuliskan nama saya sebagai pemateri workshop menulis untuk mahasiswa Indonesia di Maroko Ppi Maroko.
"So, what are you doing in Morocco?" tanyanya lagi sambil mengeja kalimat dalam sertifikat penghargaan dari KBRI.
Baik, saya memilih tetap bekerjasama, agar pemeriksaan ini cepat selesai. Wanita berkulit cokelat itu benar-benar berhenti mengaduk-aduk isi tas saya begitu ia menemukan sebuah flyer bertuliskan nama saya dan Risma EL Jundi saat mengisi acara di Al Khawayn University.

Flyer pembicara di Alkhawayn University


"We both writers from Indonesia!" Saya sengaja menekankan kalimat terakhir itu sambil menatap matanya lekat.
"Oh ok...ok...silahkan menuju gate anda" kali ini suaranya landai, agak bersahabat dan membukakan pintu untuk saya dan Risma.
Saya melangkah tenang, mendorong kembali Trolley saya di samping Risma, sambil berbicara dalam hati,
"Ahhh...madam Polisi tidak perlu khawatir, kejadian ini tidak akan kutulis dalam bukuku, namun cukup di statusku sore ini.


Charless De Gaulle, PARIS.
7 Oktober 2014
pukul 16.00 CEST
Aida, M.A


4 komentar: