Minggu, 04 Januari 2015

Penulis Aceh Ini Dirikan Usaha Penerbitan di Jakarta

Postingan ini bisa dibaca juga di portal Atjehpost.

http://atjehpost.co/articles/read/18452/Penulis-Aceh-Ini-Dirikan-Usaha-Penerbitan-di-Jakarta



Penulis Aceh yang kini berdomisili di Jakarta, Aida MA, menunjukkan totalitasnya dalam memajukan dunia literasi di Indonesia. Penulis novel berlatar Aceh, Sunset in Weh Island itu kini mendirikan penerbitan yang diberi nama Batavia Publishing. Dengan hadirnya penerbitan ini diharapkan minat baca dan tentu saja menulis di Indonesia semakin meningkat.

“Akhir Desember kemarin kita membuat silaturrahmi kantor operasional Batavia Publishing di Jalan Danau Diatas Jakarta Pusat,” ujar Aida kepada atjehpost.co, Senin 5 Januari 2014.
Acara itu kata Aida turut dihadiri H. Rasyid Harry, perwakilan dari Ikatan Penerbit Indonesia. Rasyid, seperti yang disampaikan Aida mengaku sangat senang bisa menghadiri acara tersebut. Ia mengatakan biasanya dirinya diundang untuk survey penilaian penerbit yang akan mendaftar sebagai anggota IKAPI.

Rasyid juga berharap, acara silaturrahmi yang dibuat Batavia bisa menjadi contoh bagi penerbit lain. Hal ini untuk menciptakan keakraban dan hubungan baik antara penerbit dan penulis.
Dalam struktur manajemen, penulis asal Aceh Selatan ini menjabat sebagai CTO. Sedangkan jabatan CEO dipegang oleh Buchari Yahya.

Silaturrahmi Batavia Publishing juga dihadiri para undangan yang berasal dari HMI, FLP UIN Syarif Hidayatullah, tokoh sejarah Aceh, dan para penulis. Di antaranya adalah Murizal Hamzah penulis buku ‘Hasan Tiro’, Risma El Jundi penulis ‘GBS Tak Menghalangi Langkahku’ dan penulis ‘Singgalang’ Lukmanul Hakim.

Aida MA merupakan lulusan Fakultas Pertanian Universitas Syiah Kuala Banda Aceh. Selama beberapa tahun terakhir ia pindah ke Jakarta untuk mengikuti suami. Selain produktif menulis, Aida juga seorang writing coach dan trainer therapy menulis.

Aida pernah mendapatkan penghargaan sebagai Pemenang Utama lomba menulis, Nulisbuku dan Biovision pada tahun 2012. Ia juga menjadi pemenang Novel Remaja Pilihan 2012 penerbit Bentang Pustaka, dan Tulis Nusantara Kementerian Pariwisata serta beberapa event menulis lainnya.[]

4 komentar:

  1. kira-kira kapan ya bisa seperti mbak aida ini, mendapat penghargaan dari menulis.

    BalasHapus
  2. roaming

    mantap deh bu aida... semoga penerbitannya sukses n bisa mencing penerbitan karya yg okemantap!

    BalasHapus