Langsung ke konten utama

Batavia Publishing Gerakkan Budaya Menulis dan Cinta Wisata Indonesia

Jakarta, 11 Juni 2015.  Batavia Publishing sukses menyelenggarakan program menulis sekaligus traveling yang diadakan di Gunung Papandayan pada tanggal 5-7 Juni 2015. Program mendaki Gunung Papandayan ini merupakan program terbaru dari Batavia Publishing untuk menggerakkan budaya menulis di Indonesia, dengan memadukan antara pentingnya mengabadikan perjalanan dan mempromosikan tempat pariwisata lewat tulisan.


             Program Traveling Writing kali ini dibuka dengan pendakian bersama. Program ini bukan hanya pendakian biasa, karena Batavia Publishing dengan cerdas memasukkan program workshop menulis dengan genre Travel Memoir dan Travelling Fiksi  kepada setiap peserta, selama program pendakian ini berlangsung.

            Pendakian dan Menulis ini dimentori oleh  Aida, MA; penulis sekaligus co-founder dari Batavia Publishing dan diikuti oleh 6 orang peserta, berasal dari berbagai kalangan, termasuk Mahasiswa dan Pekerja Swasta.


            “Agenda ini menarik sekali, karena jarang-jarang ada acara travel-writing, penggabungan dari dua kegiatan sekaligus. Menambah pengalaman tentang arti sebuah perjuangan, kemandirian, dan kebersamaan” ungkap Fera, salah seorang peserta Travel Writing.

            Hal senada juga disampaikan oleh Zulfikar Bayu, Mahasiswa pasca Sarjana yang ikut serta dalam pendakian ini mengakui bahwa “Mendaki itu biasa bagi pendaki seperti saya, tapi Batavia Publishing, sangat luar biasa melakukan perpaduan Travel dan Writing, sehingga lebih lengkap makna pendakiannya. Program ini sangat bagus, karena peserta dituntun untuk menulis, belajar dengan alam dan bagaimana arti kebersamaan dalam sebuah pendakian.”


            “Uniknya lagi dari program ini, ada tugas yang diberikan untuk setiap peserta pendakian, baik itu selama program berlangsung dan setelah pulang dari Papandayan, setiap peserta mendapat tugas menulis sebuah tulisan bergenre Travel Memoir atau Travelling Fiksi, kemudian naskah terbaik dari event inilah yang kemudian akan kita terbitkan di Batavia Publishing.” Lanjut Aida lagi.


            Kegiatan ini berbeda dengan kegiatan lainnya, karena sebelum belajar menulis, setiap peserta harus mendaki terlebih dahulu, sehingga bisa merasakan bagaimana lelahnya, berjuang mencapai puncak dan membangun tenda sendiri di camp pendakian. Ini tentu sangat menarik, karena feel selama di pendakian akan terasa kental dalam tulisan semua peserta. Program ini juga menjadi ajang keakraban sesama peserta dan panitia lewat malam berbagi dan api unggun, hingga acara inti keesokan harinya yaitu menulis di antara kabut atau menggali ide tulisan di tenda mereka masing-masing, agar peserta semakin semangat,  tulisan terbaik selama di camp pendakian mendapat hadiah dari Batavia Publishing ungkap Aida penuh semangat. 





            Achmad Irfan selaku Tim dari Batavia Tour and Travel sekaligus Ketua Panitia Acara ini menambahkan “Event ini akan kita laksanakan secara berkala dengan harapan banyak orang yang mencintai alam Indonesia, menyebarkan info tentang indahnya Indonesia lewat tulisan-tulisan yang dihasilkan selama event berlangsung. Lewat program ini, kami juga mengajak semua peserta belajar bagaimana bersinergi dengan alam dan paling penting mampu menuangkannya dalam sebuah tulisan yang menarik, salam Literasi dan salam Lestari akan menjadi dua warna yang unik, dalam tulisan setiap peserta program Travel Writing Bersama Aida MA dan Batavia Publishing”


Jakarta, 11 Juni 2015.

Profil Batavia Publishing.
Batavia Publishing merupakan produk dari PT. Batavia Media Utama, yang bergerak di bidang penerbitan. Batavia Publishing memiliki visi dan misi mengembangkan budaya menulis dan cinta membaca di Indonesia, melalui program-program seperti Batavelis Class (Kelas Batavia Novelis) KSB (Komunitas Sahabat Batavia, Komunitas pencinta buku, rumah baca dan penulis resensi Indonesia) DMC (Dearest My Coach, Program Asuh penulisan, di mana penulis akan dibimbing hingga naskahnya dinyatakan layak untuk diterbitkan).
Beberapa produk Batavia Publishing dalam bentuk buku Politik, Pergerakan, Hukum, Tatanegara, Travelling, Motivasi, Psikologi dan Fiksi.
Contact Person

Aida MA.

             


Komentar

Postingan populer dari blog ini

GA-KETIKA CINTA HARUS PERGI

Ketika Cinta Harus Pergi, Aida,MA dan Elita Duatnofa              Selamat datang kembali di Give Away buku saya, kali ini KETIKA CINTA HARUS PERGI akan sampai ke tangan sahabat-sahabat semua dan insya Allah siap untuk menginspirasi pembacanya.             KETIKA CINTA HARUS PERGI ini merupakan buku nonfiksi motivasi islami yang saya tulis bersama sahabat saya Elita Duatnofa, buku ini juga sudah cetak ulang kedua setelah dua bulan terbit. Sesuai dengan genre bukunya yaitu motivasi, maka give away kali ini mengajak sahabat semua mengeluarkan semua jurus dengan tema tulisan MERHARGAI DIRI SENDIRI .             Biar adil saya akan membagi TIGA buah buku KETIKA CINTA HARUS PERGI untuk tiga pemenang dengan 3 akun lini massa yang berbeda . 1.      Twitter , sahabat yang menggunakan twitter, silahkan follow akun twitter saya @aida_aie dan @elexmedia, lalu membuat tweet minimal lima kali dengan hastag #HargaiDiri, GA #KCHP . Jangan lupa mention saya @aida_aie da

GA-AIDA.MA

Saya sengaja tidak memberi judul give away kali ini. Ini hanya sedikit berhubungan dengan sebuah pencapaian ketika umur saya sudah melewati angka 30 tahun.             Mungkin setiap kali ulang tahun, kita terbiasa membuat sebuah keinginan, mungkin juga agak mirip dengan membuat sebuah resolusi di awal tahun. Ada yang memang tercapai sesuai target ada juga tanpa hasil sama sekali.             Saya sendiri bukan orang yang penuh perencanaan, tapi beberapa hasil dan pencapaian yang saya dapat hari ini karena berkah Allah dan usaha yakin serta doa yang terpanjatkan. Apa pencapaian saya sampai dengan saat ini bisa baca di sini.             Nah, give away kali ini hanya ingin berbagi pengalaman dengan sahabat semuanya. Pilihannya menjadi dua versi. 1.     Bagi yang sudah berusia 30 tahun, yuk bagi pencapaian yang sudah kamu dapatkan ketika umurmu sudah 30 tahun. 2.     Bagi yang belum berumur 30 tahun, sharing juga apa-apa saja yang ingin kamu capai sebelum u

Give away Buku #YaAllahBeriAkuKekuatan

Bismilllahirrahmanirrahim… Setelah dengan pede selangit mengirim postingan di wall FB saya mengenai polling Give Away buku   Ya Allah Beri Aku Kekuatan. Akhirnya saya memutuskan untuk bagi-bagi hadiah untuk pemenang Give Away kali ini. Yukk intip hadiahnya dulu   biar nulisnya tambah semangat (hehehe..) a.   Untuk Tiga pemenang utama akan mendapat masing-masing 1 paket buku saya #YaAllahBeriAkuKekuatan, #BerbagiHati dan #Kereta Terakhir. Tiga buku di sini, selain Novel Looking for Mr.Kim :D b.     Untuk Dua orang pemenang favorit, akan mendapatkan    secara GRATIS hadiah pulsa masing-masing @25 ribu rupiah. Menarikkk? Ya dong…Okee... Sekarang saya mengajak teman-teman kembali ke aturan mainnya. Berhubung banyak request yang minta bikin tema yang engga susah-susah, akhirnya saya memilih tema ini “Wanita dan Ujian ”. Tema ini masih berkaitan dengan buku motivasi Islami Ya Allah Beri Aku Kekuatan, yang sebagian besar kisahnya