Langsung ke konten utama

El-John Dukung Country Branding Pariwisata Indonesia


Berpose Bersama


Jakarta, APL Tower-Rabu 6 Januari 2016. Koalisi Online Pesona Indonesia (KOPI) beruntung diundang hadir dan berdiskusi mengenai pariwisata Indonesia. Kami disambut di ruangan yang nyaman bersama CEO El-John - Pak Johnnie Sugiarta, kami juga berkesempatan berdiskusi langsung dengan tiga orang putri-putri El John; Delvia Wirajaya (Miss Tourism Queen of The Year International 2015); Ivhanrel Sumerah (World Miss University Indonesia 2015); Cordella Fidelia (Miss Earth Indonesia Water 2015).

            El-John sejak tahun 2008 sudah concern di bidang wisata, awalnya El-John bergerak di bidang medical tourism, lini parisiwata ini merupakan sector ekonomi yang berhubungan dengann banyak pihak. Namun sayangnya, saat ini SDM Indonesia untuk wisata belum memadai, Indonesia belum begitu dikenal di luar negeri dibandingkan negara-negara tetangga seperti Malaysia dengan jumlah wisatawan mereka 20 juta/tahun, Singapore 17juta/tahun dan Thailand 32 juta/tahun, sementara Indonesia, tidak sampai 10 juta/tahun.

            El-John kemudian melirik bagaimana negara-negara luar memperkenalkan wisatanya masing-masing, salah satunya dengan Pageants-Putri Pariwisata dari berbagai daerah. Sehingga El-John dengan taglinenya Bringing Indonesia Culture to The World mengembangkan dan membeli Lisensi untuk penyelenggaraan putri pariwisata Indonesia. Setidaknya saat ini El-John sudah memiliki 10 lisensi, bahkan para putri dari El john hingga saat ini sudah mengantongi banyak prestasi di luar negeri.

            Pak Johnnie bercerita banyak hal, bagaimana Wisata menjadi sektor yang sangat penting dan mampu menjadikan branding sebuah negara. Pengalamannya sebagai tim pemulihan dari Wisata Indonesia pasca bom Bali, membuat pak Johnnie sadar bahwa Wisata harus didukung dari banyak lini, dan akan menjadi tugas kita bersama.

Serah terima Name tag KOPI

            Ketika ditanyakan apa endors pak Johnn untuk pemerintah saat ini, terutama untuk pariwisata Indonesia. Beliau menyarankan ada sebuah system master plan untuk setiap tempat wisata, katakanlah seperti Pulau Komodo yang menjadi satu-satunya di dunia, lalu Wakatobi dengan terumbu karangnya. Seharusnya ada pembatasan kuota yang masuk, lalu bagaimana sistem tata ruangnya sehingga daerah-daerah yang menjadi pusat destinasi wisata tetap ramah, nyaman dan yang pastinya tidak rusak karena kurangnya kontrol dan master plan yang kurang massive.

            Sehubungan dengan himbauan dari Kementrian Pariwisata, Arief Yahya terkait dengan country branding, El John mendukung penuh bagaimana membentuk sebuah Country Branding untuk wisata Indonesia. Indonesia ini mau dibranding seperti apa, sebaiknya harus dibranding dengan hal-hal yang baik dan tidak memblow up hal-hal yang buruk. Jika tidak demikian, maka travel warning dari banyak negara akan berlaku untuk Indonesia. Akibatnya, Indonesia kehilangan banyak wisatawan luar negeri.

            KOPI, sebagai Koalisi Online Pesona Indonesia yang mendukung wisata, kuliner, fashion, musik dan film Indonesia juga menghimbau banyak blogger dan jurnalis online untuk memberitakan hal-hal yang baik tentang Indonesia kepada dunia, bagaimana mengemas berita buruk dilihat dari sisi yang positif.

Miss Pageant El John
            Selain dengan pak Johnnie, kesempatan kami berdiskusi dengan para putri juga sangat menarik. Pengalaman Cordella sebagai Miss Earth Tourism Water yang sangat membolehkan untuk berkotor-kotoran dalam pelestarian lingkungan, ia mengaku terjun langsung ke lapangan untuk menanam tembakau di pesisir pantai. Selain itu Delvia Wirajaya yang mewakili Indonesia saat di Malaysia juga berbagi cerita bagaimana Miss dari negara lain menceritakan banyak kelebihan dan hal-hal positif di negaranya, ini sangat patut dicontoh Indonesia, mendukung dan mengabarkan hal-hal yang baik kepada dunia.

            Pada pertemuan ini KOPI juga mengajak El John bersama putri-putri Pariwisata untuk bekerjasama dalam hal penulisan, KOPI akan membantu teman-teman putri untuk menuliskan pengalaman mereka selama menjadi Putri beserta dengan tugas-tugas yang mereka emban sebagai Putri Pariwisata.

On Air di El-John Radio

            Pertemuan KOPI bersama El-John Pageant yang berlangsung kurang lebih 2 jam ini terjalin dengan sangat akrab, di akhir acara, KOPI diundang kembali talkshow bersama El John Radio Indonesia untuk berbagi mengenai dukungan KOPI terhadap wisata Indonesia dan bagaimana untuk bergabung bersama sahabat KOPI, sebagai saksi pertama dan pendukung kabar baik untuk pesona Indonesia.

Jakarta, 7 Januari 2016

Penulis
Aida, M.A


           
           
           



Komentar

Postingan populer dari blog ini

GA-KETIKA CINTA HARUS PERGI

Ketika Cinta Harus Pergi, Aida,MA dan Elita Duatnofa              Selamat datang kembali di Give Away buku saya, kali ini KETIKA CINTA HARUS PERGI akan sampai ke tangan sahabat-sahabat semua dan insya Allah siap untuk menginspirasi pembacanya.             KETIKA CINTA HARUS PERGI ini merupakan buku nonfiksi motivasi islami yang saya tulis bersama sahabat saya Elita Duatnofa, buku ini juga sudah cetak ulang kedua setelah dua bulan terbit. Sesuai dengan genre bukunya yaitu motivasi, maka give away kali ini mengajak sahabat semua mengeluarkan semua jurus dengan tema tulisan MERHARGAI DIRI SENDIRI .             Biar adil saya akan membagi TIGA buah buku KETIKA CINTA HARUS PERGI untuk tiga pemenang dengan 3 akun lini massa yang berbeda . 1.      Twitter , sahabat yang menggunakan twitter, silahkan follow akun twitter saya @aida_aie dan @elexmedia, lalu membuat tweet minimal lima kali dengan hastag #HargaiDiri, GA #KCHP . Jangan lupa mention saya @aida_aie da

GA-AIDA.MA

Saya sengaja tidak memberi judul give away kali ini. Ini hanya sedikit berhubungan dengan sebuah pencapaian ketika umur saya sudah melewati angka 30 tahun.             Mungkin setiap kali ulang tahun, kita terbiasa membuat sebuah keinginan, mungkin juga agak mirip dengan membuat sebuah resolusi di awal tahun. Ada yang memang tercapai sesuai target ada juga tanpa hasil sama sekali.             Saya sendiri bukan orang yang penuh perencanaan, tapi beberapa hasil dan pencapaian yang saya dapat hari ini karena berkah Allah dan usaha yakin serta doa yang terpanjatkan. Apa pencapaian saya sampai dengan saat ini bisa baca di sini.             Nah, give away kali ini hanya ingin berbagi pengalaman dengan sahabat semuanya. Pilihannya menjadi dua versi. 1.     Bagi yang sudah berusia 30 tahun, yuk bagi pencapaian yang sudah kamu dapatkan ketika umurmu sudah 30 tahun. 2.     Bagi yang belum berumur 30 tahun, sharing juga apa-apa saja yang ingin kamu capai sebelum u

Give away Buku #YaAllahBeriAkuKekuatan

Bismilllahirrahmanirrahim… Setelah dengan pede selangit mengirim postingan di wall FB saya mengenai polling Give Away buku   Ya Allah Beri Aku Kekuatan. Akhirnya saya memutuskan untuk bagi-bagi hadiah untuk pemenang Give Away kali ini. Yukk intip hadiahnya dulu   biar nulisnya tambah semangat (hehehe..) a.   Untuk Tiga pemenang utama akan mendapat masing-masing 1 paket buku saya #YaAllahBeriAkuKekuatan, #BerbagiHati dan #Kereta Terakhir. Tiga buku di sini, selain Novel Looking for Mr.Kim :D b.     Untuk Dua orang pemenang favorit, akan mendapatkan    secara GRATIS hadiah pulsa masing-masing @25 ribu rupiah. Menarikkk? Ya dong…Okee... Sekarang saya mengajak teman-teman kembali ke aturan mainnya. Berhubung banyak request yang minta bikin tema yang engga susah-susah, akhirnya saya memilih tema ini “Wanita dan Ujian ”. Tema ini masih berkaitan dengan buku motivasi Islami Ya Allah Beri Aku Kekuatan, yang sebagian besar kisahnya