Rabu, 25 Mei 2016

Menjadi Blogger Bahagia, Blogger KOPI Siap Berbagi

   
Sekitar tahun 2008, pertamakali saya posting sebuah tulisan di web parenting www.infobunda.com dan langsung menjadi headlines artikel selama seminggu. Begitu juga selanjutnya, setiap postingan tulisan saya selalu menjadi headlines, sehingga membuat saya rajin dan betah menulis lagi dan lagi.

            Selain di infobunda.com, saya juga mulai aktif di ngerumpi.com (Sekarang situsnya sudah tutup). Interaksi antara blogger di ngerumpi jauh lebih seru, sehingga dari situs itu saya punya dua sahabat yang akhirnya menulis di buku Berbagi Hati, buku duet pertama saya bersama sahabat Blogger yang membawa berkah dan menjadi juara utama lomba menulis di leutikaprio saat itu.

            Jadi, bisa dikatakan awal mula saya menulis buku sejak saya menjadi seorang blogger. Berjalannya waktu kegiatan-kegiatan menulis dan cinta akan hal-hal positif dari Indonesia membawa saya bersama seorang sahabat, Kak Arul membentuk sebuah komunitas blogger yang peduli pada produk-produk dalam negeri, Blogger Pesona Indonesia, yang dikenal dengan KOPI (Koalisi Online Pesona Indonesia). Karena namanya Koalisi, di sini bukan hanya blogger saja yang hadir, namun tergabung pula sahabat-sahabat dari jurnalis online yang bergabung pertama kali dan menyatakan deklarasi mendukung berita baik untuk Indonesia pada 26 November 2015 yang lalu. kami berpadu dan berinteraksi di Grup WA KOPI, saya sendiri sebagai admin awal berdua dengan Kak Arul, menampung banyak ide dan gagasan dari warga KOPI dengan latar belakang yang berbeda-beda.

            Isi dari deklarasi yang dihadiri oleh sekitar 30 orang blogger dan jurnalis bersama dengan Humas Menpar, El john, Asita dan beberapa orang putri pariwisata Indonesia dituangkan dalam sebuah deklarasi bersama di bawah ini. Isi deklarasi ini kemudian ditandatangani secara bersama-sama sebagai bentuk pengukuhan terhadap deklarasi tersebut.

Deklarasi 26 November 2015

            Seiring berjalannya waktu, kegiatan sinergi inipun dilakukan dengan pihak-pihak produser perfilman, sehingga semua warga KOPI bisa menikmati dan menjadi saksi pertama karya perfilman anak bangsa, bukan hanya sebagai saksi utama namun juga menjadi pemberi penilaian, apresiasi dan saran terhadap setiap perfilman Indonesia.



            Sinergi ini terus berlanjut dengan dilakukannya pertemuan dan kerjasama dengan Sarinah, pasca bom yang terjadi di seputaran komplek sarinah thamrin saat itu sempat menjadi hot news yang tidak kunjung berhenti begitu saja. Para warga KOPI lah yang kemudian bekerjasama dengan para pasukan sosial media memulihkan kembali nama baik Sarinah sebagai jendela hasil produksi dan budaya UKM-UKM dari seluruh Indonesia. Di sini, KOPI kembali memberikan kontribusinya.

Dukung Sarinah Is Me

            
          Kesempatan yang lain juga kesediaan KOPI untuk menjadi relawan PMI di daerah masing-masing. Dengan tetap melanjutkan kerjasama-kerjasama dengan kementerian pariwisata pentingnya untuk menyebarkan kabar baik untuk Indonesia kepada dunia.

Bersama MENPAR Dukung Wisata Indonesia

            Istimewanya KOPI bukan saja beranggotakan para blogger yang berlatar belakang buzzer dan perekomendasi produk tertentu. Anggota KOPI juga berasal dari para Putri pariwisata, para pelaku pariwisata Indonesia, artis-artis  dan penulis novel nasional sehingga menjadi bobot tersendiri bagi warga KOPI. Setiap warga KOPI juga memiliki Id card sebagai blogger sehingga mudah untuk diidentifikasi dan diajak bekerjasama sewaktu-waktu.

ID Card KOPI

            Seiring berjalannya waktu, saya sendiri sebagai founder KOPI bersama kak Arul, merekrut banyak KOPI-Kota lainnya, sehingga bisa ditemui KOPI-Medan, Makasar, Jogja, Semarang, Surabaya, Bandung dan masih banyak KOPI-ers lainnya dari luar Jakarta, dan menariknya semua akan berkumpul saat hari penghelatan setahun berdirinya KOPI 26 November mendatang.

Bersama El John

            Petinggi-petinggi KOPI sendiri seperti kak Al dibantu oleh kak Obay dan kak Risma El Jundi sebagai bagian presidium KOPI dengan tagline “Senyum, Sapa dan Sinergi”. Kami semuanya tentu saja tidak hanya mengurusi film-film nasional, karena masih banyak hal lain yang juga ikut dipikirkan lewat KOPI. Sehingga saya mengambil peran dalam pendidikan kreatif untuk anak-anak Marginal, teman-teman lain akan bersinergi dengan pihak yang lain. Selama hal itu mampu memberikan peran dan kontribusi yang baik untuk Indonesia, KOPI selalu mendukung dengan seluruh warga KOPI.

Dukung Film Indonesia

            Selamat berkarya, selamat berulang tahun KOPI, semangat berbagi teman-teman, karena kebahagiaan terbesar bukan hanya pada materi, namun bagaimana memberi lebih banyak dan menghadirkan senyum di hati banyak orang.


Salam KOPI

Aida, M. A
           
Tulisan ini saya peruntukkan untuk seluruh Blogger di Nusantara, pada semua penyandang titah untuk menyebarkan kabar baik dan kebaikan, positif value bagi Indonesia. Bangga menjadi bangsa Indonesia, pada karya, budaya dan wisatanya, #WonderfullIndonesia #PestaKOPI

6 komentar:

  1. Wah seru sekali, akan menjadi wadah positif untuk mendukung berbagai kegiatan yang bertajuk budaya Indonesia karya anak bangsa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. semangat mba @Mira Utami... Semangat sinergi

      Hapus
  2. Salam kenal mbak Aida, duh jadi seneng ikut dalam bagian KOPIERS Semarang. Semangat menulis ngeblog, berbagi hal positif dan menginspirasi. Siapa tahu bisa bersua nanti ya mbak ^_^
    Twitter & IG
    (@cputriarty)

    BalasHapus
  3. Duh, terharu baca sejarah KOPI. Berasa banget perjuangannya kak Aida. Jadi kangen dan semoga ada kesempatan ketemu dengan semua kakak2 KOPI Indonesia. Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. iaaa.. kapan ya main ke Medan lagi...kangen

      Hapus