Kamis, 08 September 2016

Doa Nabi Yusuf a. s

Gambar dari sini




Seringkali kita mengamalkan membaca surah Yusuf dan Maryam ketika mengandung si buah hati.  Berniat agar amalan membaca surah Yusuf dan Maryam, akan menghadirkan anak lelaki yang gagah dan tampan seperti Nabi Yusuf dan anak perempuan yang cantik salehah seperti Bunda Maryam.


Dari saat saya masih kecil hingga dewasa, yang seringa disebut tentang kisah  Nabi Yusuf adalah keelokan parasnya, beliau Rasul Allah yang paling tampan tiada duanya. Namun, jika ditelisik lebih dalam, ada sebum perjuangan yang demikian berat untuk menjadi seseorang yg tampan dan menawan. Mari kita buka bersama Surah Yusuf, bagaimana Allah menceritakan kepada Nabi Muhammad perjalanan Nabi Yusuf lengkap dalam Surah Yusuf.


Ujian Nabi Yusuf luar biasa peliknya. Sudan dimulai sejak beliau kecil hingga dewasa, perjalanan ujian ini kian berganti. Karena parasnya yang menawan dan kebaikannya ia kemudian dimusuhi oleh saudara-saudaranya, beliau dibuang ke dalam sumur, hingga dijual kepada bangsawan menjadi budak. Tak sampai di situ karena ketampanannya beliau digoda majikannya sendiri, Siti Zulaikha,  berakhir dipenjara pula.


Siapapun ingin anak setampan Nabi Yusuf, namun sepertinya bersegera menolak jika kisah hidup anak kita seperti Nabi Yusuf a.s. Rasul-rasul Allah yang diberi ujian yang berat selalu memiliki jiwa yang luar biasa. Nabi Yusuf yang dibuang dan diasingkan oleh saudaranya tidak pernah menaruh kebencian setelah beliau memaafkan saudaranya. dalam banyak kesempatan ketika beliau bercerita tentang perjalanan hidupnya, kisah dibuang ke sumur selalu beliau lewati sebagai bukti bahwa beliau sudah memaafkan, bukan mempertontonkan kesedihan di masalalu. Subhanallah..


Hari ini berkesempatan mentadabbur surah Yusuf, menemukan doa sebentuk cita-cita mulia dari Rasul Allah ketika berada dalam banyak ujian hidup.


"Wahai Tuhan, pencipta langit dan bumi, Engkaulah pelindungku di dunia dan di akhirat, wafatkanlah aku dalam keadaan muslim dan gabungkanlah aku dengan orang yang saleh" (Yusuf: 101).


Sebaik-baik meninggalkan dunia ini ketika dalam keadaan islam dan kembali berkumpul bersama-sama saudara muslim yang saleh.

2 komentar:

  1. Great to see that someone still understand how to create an awesome blog.
    The blog is genuinely impressive in all aspects.
    Great, love this .
    raja poker

    BalasHapus