Jumat, 11 November 2016

SETARA=SEKUFU Dalam Pernikahan, Meminimalisir Masalah Pasca Nikah




pexels.com




Sekufu dalam islam dimaknai dengan kesetaraan, ketika wanita berasal dari keluarga berada dengan tingkat pendidikan yg tinggi, sementara pria dari kelas bawah dg tingkat pendidikan yg tidak tinggi, maka ini seringkali menjadi sumber konflik (jika tidak teratasi) keluarga wanita mungkin akan semakin menuntut banyak hal, dominansi dsb. Sementara pria semakin hari semakin merasakan sakit dalam hubungan tersebut.

Ini pernah terjadi pada pernikahan anak angkat Rasul, Zaid bin Haritsah seorang bekas budak hitam milik Siti Khadijah, menikah dengan Zainab binti Jahsy yang berasal dari keluarga bangsawan. Ketimpangan yang membuahkan perceraian antara keduanya saat itu.

Posisi seorang laki-laki menjadi pemimpin dalam keluarga seringkali dipertanyakan karena perbedaan yg terlalu jauh tersebut. Ini menunjukkan budaya, kebiasaan, tingkat pendidikan, kebangsawanan, menjadi hal yg harus diperhatikan dalam tataran sekufu.



pexels.com



Penyebab lainnya saat biduk pernikahan akan goyah, ketika misi dari pernikahan ini melenceng, komitmen bersama mulai terabaikan. Permasalahan-permasalahan dalam biduk pernikahan yg tak kunjung dikomunikasikan atau dikomunikasikan bukan dengan cara Qaulan Karima ujung-ujungnya menjadi pemicu keretakan.

Kondisi ini yang perlu dipahami bagi seorang istri, bahwa tingkat curhat tertinggi pada manusia hanya pada suami saja. Menahan diri curhat berlebihan pada selain suami, apalagi pada lawan jenis, karena selalu berakhir dengan empati dan simpati.

Begitu pula hendaknya di sisi suami. Wanita lain akan selalu terlihat cantik dan menarik karena ia tidak punya masalah dengan kita. Selalu bertemu dalam suasana senang-senang tanpa masalah. Sementara bersama istri sering bertemu dan acapkali dalam kondisi diliputi masalah.

Kapal akan retak bahkan tenggelam jika misi pernikahan ini ikut bubar, melenceng tanpa haluan lagi. Dan kebersamaan hanya serupa badai, jika tidak bersegera merenovasi misi dan merevolusi cinta. #foto #sunrise di #wehisland.

#marry #nikah #ilmunikah #suami #istri#iloveyou #affair #qaulankarima#komunikasi #pernikahan #pasangan#couple #ijabqabul

2 komentar:

  1. Selamat Siang Bu Aida,

    Saya sedang blogwalking dan menemukan blog anda.
    Saya Soraya dari http://serumah.com.
    Saat ini trend berbagi ruangan/roomsharing sangat marak di kota besar. Kami berinisiatif untuk membuat situs pencari teman sekamar/roommate agar orang-orang yang ingin menyewa tempat tinggal (apartemen, rumah atau kost) dapat berbagi tempat tinggal dan mengurangi biaya pengeluaran untuk tempat tinggal. Berawal dari ide tersebut, website serumah.com diluncurkan pada awal tahun 2016.

    Saat ini saya meminta bantuan anda untuk menuliskan artikel review mengenai serumah.com di situs blog anda. Saya dan Tim Serumah sangat menghargai jika Anda bersedia untuk memberikan review terhadap website kami dan menerbitkannya di blog anda.

    Mohon hubungi saya jika ada pertanyaan lebih lanjut. Saya ucapkan terima kasih atas waktu dan kesempatannya.

    Soraya F.
    Cataga Ltd.
    soraya.serumah@gmail.com
    http://serumah.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih. Saya sudah email Mbak Soraya. Ditunggu informasinya by email

      Hapus