Langsung ke konten utama

SETARA=SEKUFU Dalam Pernikahan, Meminimalisir Masalah Pasca Nikah




pexels.com




Sekufu dalam islam dimaknai dengan kesetaraan, ketika wanita berasal dari keluarga berada dengan tingkat pendidikan yg tinggi, sementara pria dari kelas bawah dg tingkat pendidikan yg tidak tinggi, maka ini seringkali menjadi sumber konflik (jika tidak teratasi) keluarga wanita mungkin akan semakin menuntut banyak hal, dominansi dsb. Sementara pria semakin hari semakin merasakan sakit dalam hubungan tersebut.

Ini pernah terjadi pada pernikahan anak angkat Rasul, Zaid bin Haritsah seorang bekas budak hitam milik Siti Khadijah, menikah dengan Zainab binti Jahsy yang berasal dari keluarga bangsawan. Ketimpangan yang membuahkan perceraian antara keduanya saat itu.

Posisi seorang laki-laki menjadi pemimpin dalam keluarga seringkali dipertanyakan karena perbedaan yg terlalu jauh tersebut. Ini menunjukkan budaya, kebiasaan, tingkat pendidikan, kebangsawanan, menjadi hal yg harus diperhatikan dalam tataran sekufu.



pexels.com



Penyebab lainnya saat biduk pernikahan akan goyah, ketika misi dari pernikahan ini melenceng, komitmen bersama mulai terabaikan. Permasalahan-permasalahan dalam biduk pernikahan yg tak kunjung dikomunikasikan atau dikomunikasikan bukan dengan cara Qaulan Karima ujung-ujungnya menjadi pemicu keretakan.

Kondisi ini yang perlu dipahami bagi seorang istri, bahwa tingkat curhat tertinggi pada manusia hanya pada suami saja. Menahan diri curhat berlebihan pada selain suami, apalagi pada lawan jenis, karena selalu berakhir dengan empati dan simpati.

Begitu pula hendaknya di sisi suami. Wanita lain akan selalu terlihat cantik dan menarik karena ia tidak punya masalah dengan kita. Selalu bertemu dalam suasana senang-senang tanpa masalah. Sementara bersama istri sering bertemu dan acapkali dalam kondisi diliputi masalah.

Kapal akan retak bahkan tenggelam jika misi pernikahan ini ikut bubar, melenceng tanpa haluan lagi. Dan kebersamaan hanya serupa badai, jika tidak bersegera merenovasi misi dan merevolusi cinta. #foto #sunrise di #wehisland.

#marry #nikah #ilmunikah #suami #istri#iloveyou #affair #qaulankarima#komunikasi #pernikahan #pasangan#couple #ijabqabul

Komentar

  1. Selamat Siang Bu Aida,

    Saya sedang blogwalking dan menemukan blog anda.
    Saya Soraya dari http://serumah.com.
    Saat ini trend berbagi ruangan/roomsharing sangat marak di kota besar. Kami berinisiatif untuk membuat situs pencari teman sekamar/roommate agar orang-orang yang ingin menyewa tempat tinggal (apartemen, rumah atau kost) dapat berbagi tempat tinggal dan mengurangi biaya pengeluaran untuk tempat tinggal. Berawal dari ide tersebut, website serumah.com diluncurkan pada awal tahun 2016.

    Saat ini saya meminta bantuan anda untuk menuliskan artikel review mengenai serumah.com di situs blog anda. Saya dan Tim Serumah sangat menghargai jika Anda bersedia untuk memberikan review terhadap website kami dan menerbitkannya di blog anda.

    Mohon hubungi saya jika ada pertanyaan lebih lanjut. Saya ucapkan terima kasih atas waktu dan kesempatannya.

    Soraya F.
    Cataga Ltd.
    soraya.serumah@gmail.com
    http://serumah.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih. Saya sudah email Mbak Soraya. Ditunggu informasinya by email

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

GA-KETIKA CINTA HARUS PERGI

Ketika Cinta Harus Pergi, Aida,MA dan Elita Duatnofa              Selamat datang kembali di Give Away buku saya, kali ini KETIKA CINTA HARUS PERGI akan sampai ke tangan sahabat-sahabat semua dan insya Allah siap untuk menginspirasi pembacanya.             KETIKA CINTA HARUS PERGI ini merupakan buku nonfiksi motivasi islami yang saya tulis bersama sahabat saya Elita Duatnofa, buku ini juga sudah cetak ulang kedua setelah dua bulan terbit. Sesuai dengan genre bukunya yaitu motivasi, maka give away kali ini mengajak sahabat semua mengeluarkan semua jurus dengan tema tulisan MERHARGAI DIRI SENDIRI .             Biar adil saya akan membagi TIGA buah buku KETIKA CINTA HARUS PERGI untuk tiga pemenang dengan 3 akun lini massa yang berbeda . 1.      Twitter , sahabat yang menggunakan twitter, silahkan follow akun twitter saya @aida_aie dan @elexmedia, lalu membuat tweet minimal lima kali dengan hastag #HargaiDiri, GA #KCHP . Jangan lupa mention saya @aida_aie da

Give away Buku #YaAllahBeriAkuKekuatan

Bismilllahirrahmanirrahim… Setelah dengan pede selangit mengirim postingan di wall FB saya mengenai polling Give Away buku   Ya Allah Beri Aku Kekuatan. Akhirnya saya memutuskan untuk bagi-bagi hadiah untuk pemenang Give Away kali ini. Yukk intip hadiahnya dulu   biar nulisnya tambah semangat (hehehe..) a.   Untuk Tiga pemenang utama akan mendapat masing-masing 1 paket buku saya #YaAllahBeriAkuKekuatan, #BerbagiHati dan #Kereta Terakhir. Tiga buku di sini, selain Novel Looking for Mr.Kim :D b.     Untuk Dua orang pemenang favorit, akan mendapatkan    secara GRATIS hadiah pulsa masing-masing @25 ribu rupiah. Menarikkk? Ya dong…Okee... Sekarang saya mengajak teman-teman kembali ke aturan mainnya. Berhubung banyak request yang minta bikin tema yang engga susah-susah, akhirnya saya memilih tema ini “Wanita dan Ujian ”. Tema ini masih berkaitan dengan buku motivasi Islami Ya Allah Beri Aku Kekuatan, yang sebagian besar kisahnya

GA-AIDA.MA

Saya sengaja tidak memberi judul give away kali ini. Ini hanya sedikit berhubungan dengan sebuah pencapaian ketika umur saya sudah melewati angka 30 tahun.             Mungkin setiap kali ulang tahun, kita terbiasa membuat sebuah keinginan, mungkin juga agak mirip dengan membuat sebuah resolusi di awal tahun. Ada yang memang tercapai sesuai target ada juga tanpa hasil sama sekali.             Saya sendiri bukan orang yang penuh perencanaan, tapi beberapa hasil dan pencapaian yang saya dapat hari ini karena berkah Allah dan usaha yakin serta doa yang terpanjatkan. Apa pencapaian saya sampai dengan saat ini bisa baca di sini.             Nah, give away kali ini hanya ingin berbagi pengalaman dengan sahabat semuanya. Pilihannya menjadi dua versi. 1.     Bagi yang sudah berusia 30 tahun, yuk bagi pencapaian yang sudah kamu dapatkan ketika umurmu sudah 30 tahun. 2.     Bagi yang belum berumur 30 tahun, sharing juga apa-apa saja yang ingin kamu capai sebelum u