Rabu, 31 Mei 2017

7 PRODUK BEST SELLER INI, BISA KAMU TEMUKAN DI SARINAH

Bersama DIRUT Sarinah Bapak GNP Sugiarta Yasa

            Sarinah memang “Enggak ada matinya” sejak bung Karno menyatakan bahwa Sarinah sebagai pusat kerajinan tangan dari seluruh UMKM di Indonesia, Sarinah terus bertransformasi bukan hanya di bidang ritel, namun juga merambah hingga ke perdagangan, property dan perhotelan. Keren sekali bukan?

Foto bersama Ritel Divisi
            Untuk barang-barang ritel, jangan sungkan mampir ke Sarinah Department Store. Kemaren sore saya berkesempatan berdiskusi dengan Dirut PT. Sarinah bapak GNP. Sugiarta Yasa dan Director of Ritel Sarinah, ibu Lies Permana Lestari. Selain berbincang tentang perjalanan sejarah Sarinah hingga hari ini, saya dan teman-teman diajak mengelilingi store Sarinah, dimana produk-produk kerajinan tangan bisa ditemukan di sini.

Bersama sahabat blogger dan Director of Ritel Sarah-Ibu Lies Permana Lestari
            
Ada beberapa kerajinan tangan yang menurut saya perlu kamu miliki karena keunikannya yang sangat menarik, bukan hanya unik dari sisi pengerjaan namun juga unik dari sisi bahan dasar dan tampilannya.

            Yuk, kita lihat satu demi satu.

1.    Papan catur dari kayu kelapa (kerajinan tangan dari kayu kelapa)


Catur karya dari para Napi Lapas Kalimantan
            
Kerajinan tangan satu ini punya histori dan nilai kepedulian sosial yang tinggi. Mungkin, tidak ada yang menyangka bahwa kerajinan tangan ini dibuat oleh para napi di rumah lapas Kalimantan sana. Dalam kesehariannya, para Napi ini juga melakukan kegiatan-kegiatan yang produktif, mereka dibekali dengan keahlian seni kerajinan tangan dengan tujuan akhirnya, saat keluar dari Lapas, bisa memulai usahanya dengan keahlian yang sudah diberikan selama berada di Lapas. Menarik sekali ya historinya.

Kerajinan kayu lainnya-bakiak
            Kerajinan tangan dari kayu kelapa ini, saat ini menjadi best seller dan banyak diminati oleh turis dari luar negeri. Temukan di lantai 5 Department Store Sarinah Thamrin ya.


2.    Silver- Perak
Kerajinan perak

            Dimanapun kita pergi, perak masih tetap primadona ya, tentu saja selain logam mulia lainnya. Karena perak memiliki warna yang menarik, tidak mudah mengalami oksidasi sehingga tetap terlihat cling dan bening, karena alasan itu banyak orang yang menggunakan perak untuk peralatan kesehatan, perhiasan dan pernak pernik hiasan rumah.
            Di Sarinah , tepatnya lantai 5, kamu bisa menemukan Silver dengan dua jenis, silver asli dengan kode 920 dan silver plektit atau disemprot saja bagian luarnya. Kedua jenis perak ini benar-benar menawan, dari sisi harga bervariatif, jika silver berlogo asli tentu lebih mahal dibandingkan silver plektit.

3.    Kayu Bekapang

Kerajinan Kayu Bekapang


            Ini produk yang unik, super unik! Karya kayu bekapang ini menjadi trend dalam karya abstrak yang penuh dengan nilai artistik. Terbentuknya karya natural ini dari proses perendaman kayu ke dalam air yang di dalamnya ada pergerakan cacing-cacing kapang pada permukaan kayu dan menciptakan lubang-lubang tak berpola atau motif yang tak berbentuk, justru menghasilkan karya yang indah dan natural. Lalu melalui tangan-tangan para pengrajin kayu dipoleslah dengan seni dan membuat kayu ini menjadi benda yang berharga. Seperti meja, kursi, lemari bahkan pigura yang unik dan bernilai tinga.
Craft kayu bekapang
            Karya yang maha unik ini bisa kamu dapatkan di lantai 5 Sarinah Department Store.


4.    Radio Kayu
            Ada satu masa dimana bentuk hiburan yang biasa akan ditinggalkan.
Kemudian produk inovatif akan selalu menjadi pilihan terbaik. Nah, radio kayu ini merupakan hasil perpaduan craftsmanship teknologi yang menghasilkan sebuah produk luar biasa.

Radio Kayu

            Sebagai pionir perusahaan radio di indonesia pada era 60-a. Perusahaan keluarga Gobel mendominasi pasar lokal radio transistor selama 20 tahun hingga tahun 80-an. Kini di tangan Kriya Nusantara Cawang Radio kembali hadir dengan ide baru. Memadukan kreatif dan inovatif produk lokal yang didukung teknologi Jepang (Panasonic), menghasilkan sebuah karya seni luar biasa, New Retro Style Radio!

Radio
            Pengen banget punya radio unik ini? Yuk kita mampir di lantai 5 Sarinah Department Store Thamrin.

5.    Kain Tenun Cabut
            Sekarang kita lanjut ke lantai 4, dimana segala jenis pernak pernik untuk kebutuhan rumah bisa kamu dapatkan di sini. Nah, selain itu kamu bisa dapatin berbagai kain tenun yang Best Seller punya di Sarinah Store, seperti kain tenun cabut satu ini.


Tenun Cabut Issam-Garut
            Kain tenun cabut ini dikenal dengan kain tenun Issam, diproduksi oleh pengusaha bernama Issam dari Garut. Di awal bisnis ini, kain tenun cabut hanya disajikan dalam bentuk kain saja, namun seiring waktu mulai diproduksi menjadi pakaian, saking uniknya bentuk kain tenun ini, banyak dicari-cari orang loh, terutama pencinta kain tenun.

6.    Batik Indigo
            Masih di sekitaran batik dan tenun. Ada satu batik yang menurut saya eye cacthing banget dan kekinian. Yup, itu dia batik indigo, kain batik perpaduan antara putih dan biru yang menghasilkan kombinasi yang cantik. Warna dari batik indigo ini diambil dari tanaman Indigo, Indigofera Tinctoria. Dari 20 kg daun indigo ini baru menghasilkan warna biru yang sempurna,

Batik Indigo yang biru menawan

            Tertarik dengan batik indigo, letaknya ada di lantai 4 Sarinah Store.

7.    Kerajinan dari Tulang Sapi

Kerajinan dari Tulang Sapi

            Sekarang mari kita kulik lagi kerajinan yang enggak kalah kerennya. Yahh, kerajinan dari tulang sapi. Sekali pandang mungkin kamu akan berpikir bahwa ini kerajinan dari gading gajah. Namun, ternyata kita salah loh, ini adalah kerajinan dari tulang sapi.
            Wuihh, bayangkan saja bagaimana rumitnya ukiran-ukiran ini dikerjakan demikian detailnya. Sedikit saja salah ukir, keburu rusak deh. Jadi wajar jika harganya senilai dengan kerumitan dalam menghasilkannya. Nah, kerajinan kayu Sapi ini, bisa kamu dapatkan di lantai 5 Sarinah, sebelum membelinya, coba deh cium aroma dari tulang Sapi ini, khas banget, dan di situ kamu bakal percaya bahwa ini dari tulang sapi. Yuk berburu lagi.
Kain batik lainnya di lantai 4

Kerajinan lainnya

Sebenarnya, masih banyak dan sangat banyak lagi kerajinan-kerajinan tangan yang keren sekali di Sarinah Indonesia. Termasuk wayang kulit, seni ukir kayu dan masih banyak lainnya lagi.
Kerajinan Wayang

Buat informasi saja, saat ini Sarinah memiliki brand hijab sendiri yang diberi nama SHAREENA, koleksi hijabnya lengkap dan bisa kamu temukan di lantai 2.
Shareena Hijab brand Sarinah


Penasaran? Yuk kita sama-sama ke Sarinah, karena produk-produknya super keren, karena Sarinah itu memang keren.








0 komentar:

Posting Komentar