Langsung ke konten utama

SAYA BISA MENGHINDARI YANG HARAM, TAPI SAYA SULIT MENGHINDARI YANG SYUBHAT






Saat saya masih SMP, Mama pernah bercerita, Ayah mendapat promosi jabatan yang cukup baik saat itu, hanya saja beliau harus ditempatkan ke kabupaten yang lain. Sebenarnya promo jabatan yang ditawarkan cukup menggiurkan karena kondisi ekonomi keluarga saat itu sedang berat, saya tiga beradik saat itu semua bersekolah merantau dan butuh biaya besar.

Namun, ada jawaban Ayah yang sangat mengejutkan di usia remaja saya.

“Ayah enggak ambil jabatan itu nak, karena kondisinya terlalu beresiko. Hari ini sekuat tenaga, Ayah mampu menolak uang yang HARAM, tapi sulit sekali mengelak dari uang yang SYUBHAT, dan kamu perlu tahu nak, SYUBHAT pun lebih menjurus pada yang HARAM”.

Jawaban Ayah saat itu masih sangat membekas di memori saya, dan atas izin Allah, mungkin tidak akan hilang. Dan itu menjadi titik awal pendidikan karakter dari ayah untuk kami, mengenai keberkahan.

Hari ini saya bertemu bu Sri Hayuni, Wanita langka yang prinsipnya mirip dengan ayah saya. Bu Sri berselisih paham dengan banyak orang karena idealisme beliau untuk tidak mengambil satu sen pun uang hasil mark-up. Bahkan beliau berani keluar dari BI setelah 14 tahun masa pengabdiannya, karena berbeda prinsip dan tidak bisa menerjang sistem.




“Jika uang 1 juta rupiah pegawai bawahan harus diaudit dan diintrogasi lisan, mengapa untuk uang 1 Milyar, para pemegang jabatan tidak bisa diaudit dan dimintai pertanggungjawaban lisan? Mohon maaf, saya tidak bisa menandatangani apapun yang tidak sesuai fakta yang saya temukan. Saya enggak mau masa tua saya justru dipanggil KPK karena terjerat kasus ini dan itu”

Orang-orang seperti ayah saya, ibu Sri,  dan masih banyak mungkin orang-orang serupa mereka, sungguh manusia langka di zaman hedonis ini. Saya yakin mereka selalu menaruh TUHAN DIMANAPUN mereka berada.







Komentar

Postingan populer dari blog ini

GA-KETIKA CINTA HARUS PERGI

Ketika Cinta Harus Pergi, Aida,MA dan Elita Duatnofa              Selamat datang kembali di Give Away buku saya, kali ini KETIKA CINTA HARUS PERGI akan sampai ke tangan sahabat-sahabat semua dan insya Allah siap untuk menginspirasi pembacanya.             KETIKA CINTA HARUS PERGI ini merupakan buku nonfiksi motivasi islami yang saya tulis bersama sahabat saya Elita Duatnofa, buku ini juga sudah cetak ulang kedua setelah dua bulan terbit. Sesuai dengan genre bukunya yaitu motivasi, maka give away kali ini mengajak sahabat semua mengeluarkan semua jurus dengan tema tulisan MERHARGAI DIRI SENDIRI .             Biar adil saya akan membagi TIGA buah buku KETIKA CINTA HARUS PERGI untuk tiga pemenang dengan 3 akun lini massa yang berbeda . 1.      Twitter , sahabat yang menggunakan twitter, silahkan follow akun twitter saya @aida_aie dan @elexmedia, lalu membuat tweet minimal lima kali dengan hastag #HargaiDiri, GA #KCHP . Jangan lupa mention saya @aida_aie da

GA-AIDA.MA

Saya sengaja tidak memberi judul give away kali ini. Ini hanya sedikit berhubungan dengan sebuah pencapaian ketika umur saya sudah melewati angka 30 tahun.             Mungkin setiap kali ulang tahun, kita terbiasa membuat sebuah keinginan, mungkin juga agak mirip dengan membuat sebuah resolusi di awal tahun. Ada yang memang tercapai sesuai target ada juga tanpa hasil sama sekali.             Saya sendiri bukan orang yang penuh perencanaan, tapi beberapa hasil dan pencapaian yang saya dapat hari ini karena berkah Allah dan usaha yakin serta doa yang terpanjatkan. Apa pencapaian saya sampai dengan saat ini bisa baca di sini.             Nah, give away kali ini hanya ingin berbagi pengalaman dengan sahabat semuanya. Pilihannya menjadi dua versi. 1.     Bagi yang sudah berusia 30 tahun, yuk bagi pencapaian yang sudah kamu dapatkan ketika umurmu sudah 30 tahun. 2.     Bagi yang belum berumur 30 tahun, sharing juga apa-apa saja yang ingin kamu capai sebelum u

Give away Buku #YaAllahBeriAkuKekuatan

Bismilllahirrahmanirrahim… Setelah dengan pede selangit mengirim postingan di wall FB saya mengenai polling Give Away buku   Ya Allah Beri Aku Kekuatan. Akhirnya saya memutuskan untuk bagi-bagi hadiah untuk pemenang Give Away kali ini. Yukk intip hadiahnya dulu   biar nulisnya tambah semangat (hehehe..) a.   Untuk Tiga pemenang utama akan mendapat masing-masing 1 paket buku saya #YaAllahBeriAkuKekuatan, #BerbagiHati dan #Kereta Terakhir. Tiga buku di sini, selain Novel Looking for Mr.Kim :D b.     Untuk Dua orang pemenang favorit, akan mendapatkan    secara GRATIS hadiah pulsa masing-masing @25 ribu rupiah. Menarikkk? Ya dong…Okee... Sekarang saya mengajak teman-teman kembali ke aturan mainnya. Berhubung banyak request yang minta bikin tema yang engga susah-susah, akhirnya saya memilih tema ini “Wanita dan Ujian ”. Tema ini masih berkaitan dengan buku motivasi Islami Ya Allah Beri Aku Kekuatan, yang sebagian besar kisahnya