Langsung ke konten utama

QUEEN BEE SYNDROME

Sharing di Universitas YARSI



Kemaren saya sempat ngobrol banyak dengan seorang sahabat, perkara bantuan dana untuk usahanya di salah satu BUMN. Ini sudah pengajuan untuk kedua kalinya,  tersendat di tengah jalan, alasannya simple banget, terhalang hanya karena persaingan antara direktur yang notobene keduanya perempuan.

Bukan sekali dua kali saya sering melihat kasus yang bisa disebut “Queen Bee Syndrome”.

Mulai dari perseteruan perempuan mau lahiran cesar atau melahirkan normal, mau menyusui atau pakai susu formula, kita merasa bersaing berat dengan perempuan lain yang berada di lingkungan kerja dan profesi yang sama, segala sesuatu jadi kita nilai, mulai dari baju, rambut, pacar, banding-bandingin suami.  Banding-bandingan gaji dan gedean rumah siapa. Anak kurus diomongin, anak kegemukan dihebohin. Bahkan (maaf) kadang kita  kayak udah berada di luar kontrol karena keinginan untuk menjatuhkan yang lainnya.

Queen Bee Syndrome ternyata bisa membuat seorang perempuan lebih kejam kepada perempuan lain dibanding laki-laki. Mulailah muncul gosip-gosip bahkan bisa jatuhnya ke fitnah, muncullah komen-komen yang bernada kebencian, kita enggak akan pernah puas kalau belum bongkar semua keburukan perempuan lain yang menurut kita menjadi competitor.

Pernah merasa begitu? Bisa jadi kita terkena syndrome satu ini. Padahal, kita butuh punya solidaritas sesama perempuan , menghargai perempuan yang lain, menghormati keputusannya dan memberi tepuk tangan untuk keberhasilannya.

Sulit?

Saya akhirnya menyadari, sifat iri-irian begini, penyakitnya gadis-gadis kecil saat kanak-kanak dulu. Lalu, saat sudah dewasa, jika kita masih punya penyakit satu ini, apa mungkin kita belum tuntas dengan perkembangan emosional satu ini?

Girls compete with each other
And women empower one another
We fix each’s other crown


Komentar

Postingan populer dari blog ini

GA-KETIKA CINTA HARUS PERGI

Ketika Cinta Harus Pergi, Aida,MA dan Elita Duatnofa              Selamat datang kembali di Give Away buku saya, kali ini KETIKA CINTA HARUS PERGI akan sampai ke tangan sahabat-sahabat semua dan insya Allah siap untuk menginspirasi pembacanya.             KETIKA CINTA HARUS PERGI ini merupakan buku nonfiksi motivasi islami yang saya tulis bersama sahabat saya Elita Duatnofa, buku ini juga sudah cetak ulang kedua setelah dua bulan terbit. Sesuai dengan genre bukunya yaitu motivasi, maka give away kali ini mengajak sahabat semua mengeluarkan semua jurus dengan tema tulisan MERHARGAI DIRI SENDIRI .             Biar adil saya akan membagi TIGA buah buku KETIKA CINTA HARUS PERGI untuk tiga pemenang dengan 3 akun lini massa yang berbeda . 1.      Twitter , sahabat yang menggunakan twitter, silahkan follow akun twitter saya @aida_aie dan @elexmedia, lalu membuat tweet minimal lima kali dengan hastag #HargaiDiri, GA #KCHP . Jangan lupa mention saya @aida_aie da

GA-AIDA.MA

Saya sengaja tidak memberi judul give away kali ini. Ini hanya sedikit berhubungan dengan sebuah pencapaian ketika umur saya sudah melewati angka 30 tahun.             Mungkin setiap kali ulang tahun, kita terbiasa membuat sebuah keinginan, mungkin juga agak mirip dengan membuat sebuah resolusi di awal tahun. Ada yang memang tercapai sesuai target ada juga tanpa hasil sama sekali.             Saya sendiri bukan orang yang penuh perencanaan, tapi beberapa hasil dan pencapaian yang saya dapat hari ini karena berkah Allah dan usaha yakin serta doa yang terpanjatkan. Apa pencapaian saya sampai dengan saat ini bisa baca di sini.             Nah, give away kali ini hanya ingin berbagi pengalaman dengan sahabat semuanya. Pilihannya menjadi dua versi. 1.     Bagi yang sudah berusia 30 tahun, yuk bagi pencapaian yang sudah kamu dapatkan ketika umurmu sudah 30 tahun. 2.     Bagi yang belum berumur 30 tahun, sharing juga apa-apa saja yang ingin kamu capai sebelum u

Give away Buku #YaAllahBeriAkuKekuatan

Bismilllahirrahmanirrahim… Setelah dengan pede selangit mengirim postingan di wall FB saya mengenai polling Give Away buku   Ya Allah Beri Aku Kekuatan. Akhirnya saya memutuskan untuk bagi-bagi hadiah untuk pemenang Give Away kali ini. Yukk intip hadiahnya dulu   biar nulisnya tambah semangat (hehehe..) a.   Untuk Tiga pemenang utama akan mendapat masing-masing 1 paket buku saya #YaAllahBeriAkuKekuatan, #BerbagiHati dan #Kereta Terakhir. Tiga buku di sini, selain Novel Looking for Mr.Kim :D b.     Untuk Dua orang pemenang favorit, akan mendapatkan    secara GRATIS hadiah pulsa masing-masing @25 ribu rupiah. Menarikkk? Ya dong…Okee... Sekarang saya mengajak teman-teman kembali ke aturan mainnya. Berhubung banyak request yang minta bikin tema yang engga susah-susah, akhirnya saya memilih tema ini “Wanita dan Ujian ”. Tema ini masih berkaitan dengan buku motivasi Islami Ya Allah Beri Aku Kekuatan, yang sebagian besar kisahnya